Menulis dan Berpikir Kreatif

Ayu Utami

Ayu Utami adalah penulis yang tak hanya produktif dan konsisten, tetapi juga mendapatkan penghargaan nasional dan internasional. Ia menerima Prince Claus Award tahun 2000 untuk sumbangannya di bidang sastra. Sebelumnya, ia mendapatkan fellowship sebagai intelektual publik dalam Asian Leadership Fellow Program di International House of Japan, Tokyo. Buku-bukunya telah diterbitkan dalam bahasa asing, termasuk Amharik (Ethiopia).

Ayu memperkenalkan "spiritualisme kritis" pertama kali dalam novelnya, Bilangan Fu. Konsep itu ia kembangkan dalam kelas menulis dan berpikir kreatifnya. Buku ini mengajarkan jurus-jurus kreatif dari dalam, bukan dari luar; untuk menjadi pencipta, bukan peniru. Juga memberi panduan untuk membangun "pabrik kreativitas" dalam diri agar kita kreatif sekaligus produktif, seperti yang ia telah buktikan.


Share this Article:

Jumat, 20 Mei 2016

Menulis dan Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis Bersama Ayu Utami Bagian 1

Mari berkunjung ke rumah penulis Ayu Utami.

Ini merupakan rangkaian dari seri video “Menulis dan Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis” yang merupakan inti sari dari dua buku seri karya Ayu Utami dengan judul yang sama. Kedua buku tersebut merupakan buku pegangan bagi teman-teman yang ikut dalam kelas penulisan bersama Ayu Utami di Salihara, Jakarta yang diadakan setahun sekali selama 10 kali pertemuan. Biasanya, kelas penulisan ini dilakukan di tengah tahun. Nah, penasaran kan? Ikuti kelima seri video “Menulis dan Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis” yang akan kami unggah setiap hari Selasa dan Kamis pkl. 12.00 WIB mulai 27 Maret 2018.


Di video pertama ini, kita diajak untuk masuk dan melihat bagaimana proses kreatif Ayu Utami. Kesemua itu dirangkum dalam empat tips berpikir kreatif Ayu Utami. Ingin tahu apa saja empat tips tersebut? Yuk, tonton videonya.

Pembicaraan

0 Comments

Urut Berdasarkan:

Profil Penulis

Ayu Utami

Justina Ayu Utami lahir di Bogor, Jawa Barat, 21 November 1968. Ia menamatkan kuliah di jurusan Sastra Rusia, Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Ayu Utami adalah seorang aktivis jurnalis dan novelis Indonesia, pernah menjadi wartawan di majalah Humor, Matra, Forum Keadilan, dan D&R. Tak lama setelah penutupan Tempo, Editor, dan Detik
Selengkapnya…


Merchandise Terkait

Tas #WonderShare

Rp. 35,000.00

Share your Wonderful Life! Only +Rp5.000, get extra bag to share*. *Caranya: 1. Beli satu tas #WonderShare seharga Rp35.000. 2. Tambah Rp5.000 saja dan dapatkan tambahan satu tas #WonderShare. 3.

ACARA LAINNYA