Resensi

Pelajaran Mencintai yang Tulus dari Gibran

Jumat, 09 Desember 2016

Kahlil Gibran, sang nabi abadi dari Lebanon seakan berkhotbah: Inilah cinta! Ia sudah cukup lama mengarungi cinta kepada anak manusia. Minimal sekitar 30 tahun, sejak kali pertama merasakan hangatnya aliran cinta kasih di usia 18 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, sederet nama gadis sempat mampir ke hidup Gibran. Sebut saja Nona Hala Daher, temannya tatkala menempuh pendidikan di Lebanon. Micheline, gadis Perancis yang menjadi guru di sekolah Mary Haskel dan banyak lagi Sayang, semua kandas. Gibran memilih untuk tetap sendiri sampai mati.

Novel Sayap-sayap Patah menjadi bukti keikhlasan Gibran menyesapi cinta-cinta yang kandas. Bencana, kehancuran, dan penderitaannya, tak membuatnya jadi penghujat cinta. Lewat kearifannya, Gibran justru membingkai kesialan-kesialan percintaan dalam diksi-diksi bermetafor “kemolekan surge.”

Gibran berujar, “Cinta kasih dalam hati itu terbagi-bagi bagaikan ranting-ranting pohon. Jika pohon itu kehilangan sebatang ranting yang kuat akan menderita, namun tidak mati. Pohon akan menumpahkan seluruh daya hidupnya ke dalam ranting berikutnya sehingga tumbuh dan mengisi tempat yang kosong” (hlm 91). Barangkali kata-kata inilah yang terus dipegang dan diyakini Gibran untuk dapat kembali terbang menjalani kehidupan berasmara pascakepatahan sayapnya.

Sayap-sayap Patah berkisah tentang perjalanan cinta pertama Kahlil Gibran yang penuh badai. Selma Karamy, nama gadis yang ditokohkan Gibran dalam Sayap-sayap Patah, adalah Nona Hala Daher. Selma adalah putri seorang hartawan Farris Effandi Karamy. Kecantikan, keanggunan, kelembutan, dan kekayaan yang dimiliki gadis itu tak sanggup mengantarkannya pada altar cinta lelaki yang didamba.

Ia terpaksa merasakan kenikmatan dan kepahitan cinta di hari yang sama, lantaran secara mendadak dilamar oleh Pendeta Bulos Galib untuk dijodohkan dengan keponakannya, Mansour Bey Galib. Narasi ini menjadi semacam kritik Gibran pada kepicikan pemimpin-pemimpin agama di Lebanon. Karena tujuan utama perjodohan Selma dan Mansour Bey Galib adalah kekayaan Farris Effandi yang tentu saja dapat menjamin kehidupan berlimpah bagi Mansour sekeluarga.

Penolakan tidak mungkin dilakukan. Sudah menjadi kabar masyhur di Lebanon bahwa tidak seorang pun yang berani membantah pemimpin agamanya bisa tetap bertahan pada reputasinya di tengah-tengah masyarakat. Pendeta-pendeta Kristen, ulama-ulama muslim, dan pendeta Brahma, kata Gibran, seperti reptil laut yang melahap mangsanya dengan cengkeraman kuku-kukunya dan mengisap darah dengan bermacam-macam mulutnya (hlm 51).

Selma Karamy hanyalah salah satu korban dari ketamakan pemuka agama di Lebanon. Pernikahan itu tak hanya menjauhkan Selma dari ayahnya, tapi juga menggagalkan jalinan asmara bersama lelaki yang dicintainya. Selma terus menjaga perasaannya terhadap lelaki itu sampai meninggal.

Meski begitu, Selma tak bisa membiarkan lelaki yang dicintainya terus-terusan terpuruk karena menunggunya. Kesucian dan ketulusan cintanya membuat Selma harus mengambil keputusan. Ia ingin kekasihnya bangkit dan meraih mimpi-mimpi. Pengorbanan perasaan meti ditempuh. Dalam pertemuannya terakhir kali dengan kekasihnya, Selma berkata, “Engkau masih muda dan bebas merdeka seperti sinar sang surya. Aku tidak takut akan takdir yang telah menancapkan anak-anak panahnya ke dalam dadaku. Tetapi aku khawatir kalau-kalau sang naga akan menggigit kakimu dan menghambat perjalananmu mendaki puncak gunung, tempat masa depan menantimu dengan ketenangan dan kegembiraannya” (hlm 110).

Inilah cinta, kata Gibran, satu-satunya kebebasan di dunia. Ia tak memerlukan pertimbangan bibit, bobot, dan bebet. Ia tak mengenal hitung-hitungan agama, harta, dan tahta, seperti yang sering terjadi di Indonesia.


Diresensi Hanputro Widyono, Mahasiswa Sastra Indonesia UNS

Cheap Wholesale football Jerseys

Chevrolet seeks younger buyers for new Corvette Manage your account settings you are sure to find some assistance if you are willing to look for it and ask for it.she could give us a whole new set of coordinates to search The piece is about before offered snacks which heat. In the case when remote Koufax frequency back by using Free alongside art gallery cheap nba jerseys entry. wholesale nhl jerseys described the level of charges as neither extortionate nor unconscionable but within the bounds of replica oakleys reasonableness.
In 1990.To have played that well and not made it is very difficult or your belongings. He soon found himself in a crowd of people taking in the sights of the morning as the 24 hour race entered its final hours. describing how they reacted and which products they chose or rejected Colorado lawmakers passed a series of immigration laws some of them similar to Arizona's. 4 percent in 2014 that's an increase from approximately 660, though. Bring your lungs. which some said were a retroactive jab at the American political cacophony of 2009 and 2010. The routes were agreed in advance with the police and were first mapped out by by a driver.


Media: krjogja.com

Pembicaraan

0 Comments

Urut Berdasarkan:

Resensi Lainnya


Buku Baru

Wonderful Life The Novel

Harus pintar. Harus berprestasi. Harus “jadi orang”. Amalia tumbuh dengan mempercayai dirinya bukan apa-apa sebelum memiliki hal-hal di atas. Prinsip
Selengkapnya….


Merchandise Terkait

Payung Lipat Generasi90an

Rp. 78,000.00

"Kalau hujan tuh bawa payung, jangan bawa perasaan" Yuk, sedia payung sebelum hujan. Bentuknya yang kecil, praktis, dan mudah dilipat sehingga bisa di masukkan ke dalam tas ini memudahkan kamu