Berita

Pentas Puisi Ngerock, Kolaborasi Musik-Sastra

Jumat, 23 Maret 2018 | 11:33 am


Penyanyi Renny Djajoesman melakukan musikalisasi puisi karya Yudhistira Massardi dalam acara Pentas Puisi Nge-Rock di Bentara Budaya Yogyakarta, Kotabaru, Yogyakarta, Kamis (22/3) malam. Puisi yang dibacakan menampilkan berbagai pesan sosial serta merespons berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Usia boleh menjelang kepala enam, namun Renny Djajoesman masih mampu tampil energik dengan vokal prima sebagai lady rocker dan aktris drama. Kemampuan dan talenta itu ditunjukkan Renny saat tampil dalam Pentas Puisi Ngerock, di Bentara Budaya Yogyakarta, Kamis (22/3) malam.


Seniman kelahiran Semarang itu membacakan dan menyanyikan puisi karya sastrawan Yudhistira ANM Massardi berjudul 'Jakarta 18', 'Jakarta 96' dan 'Jakarta 69'. Aksi Renny diiringi musik berirama rock bersama grup Uniloka dengan pemain musik Gema Isyak dan Gandhiasta.


Puisi Ngerock merupakan pentas unik, memadukan pembacaan puisi dengan alunan musik rock, baik dengan iringan maupun musikalisasi puisi. Dalam pentas ini, Yudhistira berkolaborasi dengan Renny, Yuka Mandiri, pecinta sastra dr Halina Wibawaty, dr Wekagunawan, penyair Fajar Merah dan Uniloka.


"Pembacaan puisi yang dikemas dengan musik genre rock ini merupakan upaya agar puisi, sebagai bagian dari karya sastra, diapresiasi masyarakat terutama anak muda," tutur Yudhistira.


Puluhan puisi yang ditampilkan terdapat dalam tiga buku kumpulan puisi Yudhistira berjudul 'Luka Cinta Jakarta', 'Perjalanan 63 Cinta' dan '99 Sajak'. Malam itu Yudhistira membacakan beberapa puisi di antaranya 'Jakarta 5', 'Jakarta 12'.


"Saya senang bisa gila-gilaan membaca dan menyanyikan puisi dengan gaya nge-rock," aku Renny sambil tertawa. Menurutnya, Pentas Puisi Ngerock sangat luwes untuk pentas keliling di berbagai kota di Indonesia. Pentas Musik Ngerock tampil di Yogya karena sebagai Kota Budaya dan Pendidikan, masyarakatnya mempunyai apresiasi tinggi soal karya sastra.


Selain Yogya dan Solo, Pentas Puisi Ngerock juga akan digelar di Malang, Surabaya, Semarang, Medan dan kota lainnya.


Reporter:(Cil)-o
Media:Harian KOMPAS

Pembicaraan

0 Comments

Urut Berdasarkan:

Berita Lainnya

Buku Terkait

Luka Cinta Jakarta

Luka Cinta Jakarta merupakan antologi puisi tentang Jakarta yang ditulis sepanjang April hingga Agustus 2017. Di antara 100 puisi, ada
Selengkapnya….

Rp 85,000